Senin, 25 Desember 2017

Apa Itu Blog? Blog Adalah ...

Tags

   Sejarah Blog


Media blog untuk pertama kalinya dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs yang sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2002. Semenjak itulah, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sebagai sumber terbuka dan diperuntukkan kepada perkembangan para penulis dalam blog tersebut.

Blog punya fungsi yang sangat beragam, mulai dari untuk menulis catatan harian, media publikasi ke dalam sebuah kampanye politik, juga sampai program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebuah blog biasanya dipelihara oleh seorang penulis tunggal, namun ada juga beberapa yang diperlihara oleh beberapa orang penulis. Banyak juga blog memfasilitasi untuk berinteraksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu atau adanya kolom komentar yang bertujuan untuk memperkenankan pengunjungnya meninggalkan sebuah komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan oleh pemilik blog, namun ada pula blog yang bersifat tidak interaktif. 



Situs-situs web yang saling berkaitan berkat settingan yang ada pada blog, atau jika dilihat secara total merupakan kumpulan blog, biasanya disebut sebagai blogosphere. Di mana sebuah kumpulan gelombang aktivitas, berita dan opini yang sangat besar dan luas berulang kali muncul untuk beberapa subjek penulisan atau sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere, maka hal itu sering kali disebut dengan istilah blogstorm atau badai blog.

Pengertian dari Blog:

Blog sendiri merupakan singkatan dari web log, yang berarti sebuah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang ditulis sebagai postingan) pada sebuah halaman atau situs web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dengan alur postingan terbaru dahulu sebelum postingan yang lebih lama, berarti posisi postingan yang lebih lama adalah di bawah postingan yang lebih baru, meskipun tidak selamanya demikian jika suatu saat kebijakan itu berubah. Biasanya situs web yang seperti ini bisa diakses oleh siapa saja. Tergantung apa yang ditulis oleh penulis blog, apakah sesuai dengan apa yang dicari pembaca. 



Artikel Terkait

Peraturan Dalam Berkomentar
1. Jangan Menggunakan Link Aktif, Jika Menggunakan Maka Akan Otomatis Terhapus
2. Bertanya Dengan Sopan
3. No Spam!
Jika Mau Promosi, Silahkan Namun Sewajarnya Saja!
EmoticonEmoticon