Rabu, 27 Desember 2017

Tujuan Pemasangan Iklan Yang Sebenarnya

Tags

   PENGERTIAN IKLAN
 



Iklan didefinisikan sebagai  proses untuk memberikan informasi mengenai sesuatu. Biasanya mengenai produk-produk tertentu entah itu dari perusahaan atau perorangan, yang ditawarkan kepada masyarakat luas melalui media tertentu dan juga membutuhkan biaya untuk memasangnya. 
Untuk saat ini, telah banyak sekali media yang memberikan peluang untuk melakukan periklanan seperti di televisi, radio, majalah, koran, internet, website, blog, dan masih banyak lagi. Namun ada juga media yang tidak mematok harga/gratis untuk memasangkan iklan. 

FUNGSI IKLAN

Terence A. Shimp  mengemukakan bahwa periklanan memiliki fungsi yang cukup penting, di antaranya:

- Informing
Memberikan pengetahuan kepada orang lain agar mengetahui tentang produk perusahaan tersebut.


- Persuading
Membujuk masyarakat umum untuk mencoba produk tersebut.

- Reminding
Memberikan stimulus kepada masyarakat luar agar tetap mengingat produk tersebut lewat adanya iklan.

-Adding Value  
Iklan seharusnya bisa memberi nilai tambah pada produk yang diiklankan dan mempengaruhi persepsi konsumen secara positif.

- Assiting
Kemudian fungsi yang terakhir adalah mendampingi atau memfasilitasi upaya perusahaan lainnya.



Tujuan dari pemasangan iklan adalah demi tugas komunikasi tertentu yang harus dilakukan terhadap sasaran khalayak tertentu dan untuk jangka waktu tertentu. Tujuan harus didasarkan kepada keputusan yang lebih dulu di masa lalu tentang pasar yang diincar , positioning dan bauran terhadap pemasaran, yang mendefinisikan bahwa pekerjaan yang harus dilakukan oleh sang pemasangan iklan meliputi kerangka program pemasaran secara keseluruhan.

Yang perlu diperhatikan sebelum memasang sebuah iklan adalah:

- Produk sudah siap
Sebelum Anda beriklan, pastikan bahwa produk Anda bukanlah sebuah produk untuk di uji coba yang bisa diartikan belum layak untuk digunakan oleh masyarakat. 


- Pendapatan perusahaan
Lihatlah dahulu seberapa besar budget milik perusahaan sebelum menyewa jasa periklanan. Yang harusnya menjadi bshan pertimbangan adalah apakah dananya sudah siap. Jangan memaksakan untuk beriklan jika budget tidak mencukupi. 

- ROI
 Anda sudah harus mencari informasi sebanyak mungkin tentang seberapa besar ROI yang nantinya akan dihasilkan jika sudah beriklan nantinya. Meski pendapatan perusahaan besar, jangan lalu asal-asalan memasang iklan di berbagai tempat namun malah tidak bisa menghasilkan ROI sesuai dengan apa yang telah ditargetkan sebelumnya. 

Artikel Terkait

Peraturan Dalam Berkomentar
1. Jangan Menggunakan Link Aktif, Jika Menggunakan Maka Akan Otomatis Terhapus
2. Bertanya Dengan Sopan
3. No Spam!
Jika Mau Promosi, Silahkan Namun Sewajarnya Saja!
EmoticonEmoticon