Minggu, 28 Januari 2018

Apa itu Bitcoin, Sejarah Bitcoin, Cara mendapatkan Bitcoin

Bitcoin adalah sebuah uang elektronik atau virtual yang dapat di gunakan di internet di buat pada tahun 2009 oleh seorang bernama Satoshi Nakamoto.  dan juga menggunakan jaringan peer-ke-peer tanpa penyimpanan terpusat atau administrator tunggal di mana Departemen Keuangan Amerika Serikat mengatakan bitcoin adalah sebuah mata uang yang terdesentralisasi . Tidak seperti mata uang pada umumnya, bitcoin tidak bergantung dengan mempercayai penerbit utama. Bitcoin menggunakan sebuah database yang disalurkan dan menyebar ke node-node dari sebuah jaringan P2P ke jurnal transaksi, dan menggunakan sistem kriptografi untuk mengadakan fungsi-fungsi keamanan dasar, seperti contohnya memastikan bahwa bitcoin hanya dapat digunakan atau di habiskan oleh orang memilikinya, dan tidak pernah boleh digunakan atau dilakukan lebih dari satu kali.
Desain dari Bitcoin ini memperbolehkan untuk memilikinya tanpa kita memberikan indentitas (anonymous) dan pemindahan kekayaan. Bitcoin - bitcoin bisa disimpan di komputer pribadi dalam sebuah file berformat wallet atau dapat juga di simpan oleh sebuah servis wallet pihak ketiga, terlepas dari semua itu penggunaan Bitcoin  sangatlah mudah, bitcoin dapat di kirim lewat internet kepada siapapun yang mempunyai sebuah alamat Bitcoin. Topologi peer-to-peer bitcoin dan kurangnya administrasi tunggal membuatnya tidak mungkin untuk otoritas, pemerintahan apapun, untuk memanipulasi nilai dari bitcoin - bitcoin atau menyebabkan inflasi dengan memproduksi lebih banyak bitcoin.
Sumber :Wikipedia dengan pengubahan

Apa itu Bitcoin, Sejarah Bitcoin, Cara mendapatkan Bitcoin

Pengertian Bitcoin

Bitcoin adalah mata uang virtual yang diciptakan pada tahun 2009 oleh seseorang dengan nama samaran Satoshi Nakamoto. Mata uang ini seperti halnya Rupiah atau Dollar, namun hanya tersedia di dunia digital. Konsepnya mungkin terdengar seperti eGold, walaupun sebenarnya jauh berbeda.


Fitur yang dimiliki Bitcoin

Bitcoin sebagai mata uang virtual memiliki fitur sebagai berikut:

1. Transfer instant secara peer to peer.
Seperti yang sudah di jelaskan pada kutipan wikipedia di atas, Peer-to-peer sendiri artinya sistem mata uang  Bitcoin berjalan tanpa memiliki server pusat. Server penyimpanan Bitcoin bersifat desentralisasi dan terbagi ke berbagai server yang dijalankan oleh setiap pengguna Bitcoin yang terhubung ke dalam jaringan.

2. Transfer ke mana saja
Tidak seperti emas atau mata uang lain nya, Bitcoin bisa dikirim kemana saja dimaan saja dalam hitungan beberapa detik, kapanpun dan darimanapun. Pengiriman uang dengan mata uang Bitcoin bisa terjadi hanya dengan modal sebuah smartphone dan jaringan internet.

3. Biaya transfer sangat kecil.
Biaya transfer Bitcoin pun sangat kecil bahkan bisa dihilangkan sampai gratis, namun untuk mempercepat transaksi transfer, biasanya Bitcoin Anda akan memotong sekitar 500 – 3,000 rupiah, tidak peduli berapa banyak jumlah uang yang dikirimkan.

4. Transaksi bersifat irreversible, artinya sekali ditransfer tidak bisa dibatalkan.
Jika Bitcoin diberikan ke orang lain, maka transaksi itu tidak dapat dibatalkan kecuali orang itu bersedia mengirimkan Bitcoinnya kembali;

5. Transaksi bitcoin bersifat pseudonymous.
Semua transaksi yang pernah dilakukan dengan Bitcoin mencakup saldo Bitcoin yang dimiliki pengguna lain bisa kita lihat, namun kita tidak dapat mencari tahu siapa pemilik alamat Bitcoin tersebut bila si pengguna tidak memberitahukannya. Setiap pengguna Bitcoin sebenarnya bisa memilih apakah namanya ingin dipublikasikan sebagai pengguna atau tidak, lantas bagaimana keamanan Bitcoin jika sistem nya seperti ini? meskipun si pemilik alamat Bitcon ingin merahasiakan identitasnya, semua transaksinya tetap tercatat dan dapat dipantau oleh publik.

6. Bitcoin tidak dikontrol oleh lembaga atau pemerintah apapun.
Bitcoin yang menggunakan database Blockchain tidak dikontrol oleh suatu pihak lembaga atau pemerintahan, melainkan sangat terbuka untuk umum sehingga mustahil bagi seseorang untuk memalsukan atau memanipulasi transaksi di Blockchain. Seluruh transaksi Bitcoin tercatat secara langsung, transparan, dan tersebar ke jutaan server. Jika ada Hacker yang ingin mengubah atau memalsukan data transaksi Bitcoin, Merek harus meretas jutaan server tersebut di saat yang bersamaan.

7. Jumlahnya terbatas
Sampai saat ini jumlah Bitcoin hanya akan ada 21 juta Bitcoin di seluruh dunia. Sistem penciptaan Bitcoin yang terus berkurang setiap 4 tahun sekali ini menyerupai sistem ekonomi berdasarkan deflasi dan dengan makin terbatasnya supply bitcoin, harga bitcoin otomatis akan semakin naik.

Cara Penggunaan Bitcoin
Pengguna Bitcoin bisa transfer bitcoin ke mana saja di dunia asalkan terhubung dengan internet. Bitcoin yang dikirim akan disimpan ke dalam Bitcoin Wallet. Wallet ini harus terinstall di kedua belah pihak, bisa dengan PC/laptop, tablet ataupun smartphone. Setelah menginstall Wallet, Anda akan mendapatkan Bitcoin Address (Alamat Bitcoin). Untuk transfer bitcoin tergolong sangat mudah, buka aplikasi wallet, masukan Bitcoin Address dari orang yang mau anda kirim Bitcoin dan jumlah bitcoin yang ingin ditransfer, kemudian kirim. Sangat mudah bukan?

Kenapa orang mulai beramai-ramai membeli dan menggunakan bitcoin?

Bitcoin dikembangkan dengan sebuah ide bahwa mata uang yang baik tidak dikontrol oleh pemerintah atau bank sentral maupun lembaga manapun. Krisis finansial yang terjadi beberapa waktu yang lalu menegaskan bahwa pemerintah selalu lalai dalam menjaga kestabilan ekonomi. Pemerintah dipercaya selalu dikuasai oleh orang-orang yang korup dan hanya bekerja demi keuntungan pribadi, sehingga banyak sekali kecurangan kecurangan finansial yang terjadi.

Konsep ide ini menarik banyak orang terutama para geek di dunia IT. Mereka mulai menginvestasikan aset mereka dalam bentuk mata uang Bitcoin, disisi lain itu perekonomian dunia semakin labil terbukti dengan adanya krisis perbankan Amerika dan Eropa. Bitcoin dipercayai akan menjadi mata uang dan komoditas universal sehingga harga akan terus melambung tinggi. Dan ini terbukti, lihat tahun ini saja (Januari 2013) 1 BTC (satuan mata uang bitcoin) setara dengan harga kisaran 13 USD, sedangkan sekarang (Mei 2013) 1 BTC diapresiasi dengan nilai 120 USD, ini berarti selama 5 bulan nilai bitcoin telah meningkat hampir 10 kali lipat. Sekarang 1 BTC setara dengan nilai 860 USD (Desember 2013) berarti meningkat 66 kali lipat dalam 1 tahun. Jika 2 tahun yang lalu (awal 2011) Anda iseng membeli bitcoin seharga 0.3 USD, saya ucapkan selamat karena menjadi milioner.

mata uang Bitcoin juga memiliki dua fitur yang sangat jarang ada pada mata uang lain yaitu sifatnya yang anonim dan biaya transaksi yang sangat rendah (hampir 0). Anda bisa melakukan transaksi tanpa memberikan identitas sama sekali, hal ini dapat menjaga privasi anda ke level yang paling tinggi.

Siapa yang menerbitkan Bitcoin?

Bitcoin baru diciptakan dengan proses yang disebut “mining”. Para miner menggunakan komputer canggih untuk menguraikan matematika kompleks untuk menemukan block baru Bitcoin, sebagai hadiahnya si penemu akan dihadiahi sejumlah bitcoin. Hadiah per ditemukannya 1 block awalnya ada 50 BTC, sekarang 25 BTC/block, selanjutnya akan terus berkurang diiringi dengan bertambahkan sirkulasi Bitcoin. Sistem telah memastikan bahwa maksimal bitcoin yang beredar di dunia adalah 21 Juta BTC sehingga tidak akan terjadi inflasi.

Apakah Bitcoin Aman?

Banyak orang mungkin berpikir bahwa sistem bitcoin yang open source (terbuka) memungkinkan seorang ahli komputer atau hacker jenius dapat membobol sistem mata uang Bitcoin dan menerbitkan sejumlah bitcoin untuk dirinya sendiri. Tetapi tahukan anda bahwa sistem ini telah direview oleh berbagai kalangan sebagai tanpa cacat yang berarti Bitcoin ini AMAN. Setiap data transaksi masa lampau tersimpan di semua peer di seluruh jaringan, dan harus berurutan. Setiap transaksi baru akan diverifikasi oleh sejumlah peer baru dinyatakan valid.

Sistem bitcoin aman, yang tidak aman adalah pengguna dan money exchanger. Sama seperti password internet banking, hacker bisa dengan mudah mencuri sejumlah uang dari Anda jika komputer terjangkit virus.

Cara Mendapatkan Bitcoin
Bagaimana cara mendapatkan Bitcoin?

Anda dapet mendapatkan bitcoin dengan cara membeli dan mining. Untuk membeli bitcoin dapat dilakukan di exchanger-exchanger seperti bitcoin.co.id (indonesia), mtgox (US & Jepang), dan btcchina.com (China).

Sumber : Wikipedia | https://blog.bitcoin.co.id/apa-itu-bitcoin/

Artikel Terkait

5 Comments

Sekarang saya jadi tahu apa itu bitcoin,,coba nambang bitcoin yuk!

terimakasi mas atas infromasinya tentang bitcoin...

Up-to-date prices, market data and charts for cryptocurrencies. with fxbtrading.com

hmmm ini untuk investasi sepertinya agag ngeri karena sangat fluktuatif

Peraturan Dalam Berkomentar
1. Jangan Menggunakan Link Aktif, Jika Menggunakan Maka Akan Otomatis Terhapus
2. Bertanya Dengan Sopan
3. No Spam!
Jika Mau Promosi, Silahkan Namun Sewajarnya Saja!
EmoticonEmoticon